Wednesday, 21 November 2012

Stress dan Cemas Yang Sering Terjadi Pada Anak Obesitas / Kegemukan

Pengertian Stress adalah reaksi manusia secara fisik dan mental terhadap berbagai jenis stressor (peristiwa yang menekan). Maka sifat-sifat stress yang sering terjadi pada anak kegemukan biasanya meliputi :

  1. Bersifat kumulatif, artinya stress yang satu mungkin belum selesai sudah muncul masalah yang lain sehinggasemakin menumpuk
  2. Tidak diharapkan dan tidak direncanakan , datang mendadak
  3. Tidak bisa terselesaikan secara tuntas.

Pada sebagian orang yang sehat stress memang dibutuhkan dalam jangka waktu tertentu karena meang berguna untuk meningkatkan mutu hidup. namun orang tersebut masih bisa mengatasi jalan keluarnya jadi tidak sampai stress yang berlebihan.
untuk kecemasan  apa sajakah ?
Rasa khawatir yang ditunjukkan berupa fisik dan mental menghadapi bahaya luar baik nyata mupun tidak nyata.
Kalau dihubungkan antara stress dan kecemasan memang saling berhubungan. Orang yang stress larinya adalah ke tingkah laku kecemasan. Jadi memang kecemasan yang tidak normal biasanya lebih disebabkan oleh karena stress, termasuk juga pada kasus obesitas dan kegemukan.

Tuesday, 20 November 2012

Bayi Tidak BAB Selama Berhari-hari, Apa yang seharusnya Ibu lakukan?

Masalah buang air besar yang tidak teratur pada bayi memang bukan satu dua dialami oleh beberapa ibu baru, namun mereka tentu takut dengan hal ini karena takut terjadi apa-apa dengan buah hati kesayangannya. namun ada beberapa hal yang harus anda tau dan diperhatikan jika siklus BAB anak anda berubah,  Pada anak yang menyusui normal sebenarnya ibu bisa menunggu hingga 10 hari, dengan syarat anak tetap normal tidak mengeluh atau ada gejala kembung, manangis, dan juga rewel yang tidak bisa diatasi. Berarti ada suatu masalah yang tidak nyaman dia rasakan di tubuhnya.

Mitos orang dahulu bahwa kalau bayi tidak bab berarti jadi daging dll, sebenarnya itu tidak sepenuhnya betul karena memang mungkin juga ada masalah dengan pencernaanya jika disertai juga dengan muntah dan mual. Yang harus ibu lakukan jika menemui masalah seperti ini adalah menunggu 1 hari jika tidak disertai gajala pengganggu, namun jika disertai sebaiknya ibu segera memeriksakannya ke dokter anak. Untuk mengetahui penyebab susah BAB pada bayi tersebut. Karena penyebabnya juga banyak dan bisa dari berbagai faktor.

Monday, 19 November 2012

Menenangkan Bayi Dengan Pemijatan, Begini Caranya!

Cara memijat bayi untuk menenangkan saat dia menangis. Sering kali bayi menangis, Anda tidak tahu, apa gerangan sebabnya. Pertarna-tama Anda harus memelajari seluk-beluk tangisan itu agar Anda bisa membedakan, apakah bayi itu menangis karena rasa bosan, atau karena ia merasa lapar atau malah karena ia merasa nyeri. Anak kecil tidak senang kalau berada sendirian, harus ada orang yang menjaganya. Kalau bukan ini masalahnya maka bayi sering menangis karena merasa bosan. 

Cara pemijatan yang bisa anda lakukan adalah dengan, Kita menepuk dengan lembut bagian paha bayi anak. Irama monoton yang dirasakan bayi pada bagian ini sangat menyenangkan. Tentu akan lebih balk kalau Anda mempunyai waktu khusus untuk memijat bayi Anda. 

Dengan begitu anak merasa adanya perhatian yang utuh terhadap dirinya. Lewat praktik dan pengalaman yang cukup Anda tentu tahu mana pijat yang paling disukai anak. Anda mulai saja dengan kesukaannya itu dan kalau perlu bertahan saja pada pijat itu. Sementara itu, Anda hendaknya tetap mengajak bicara dengan lembut dan penuh kasih sayang. Pada umumnya, gumam atau senandung bisa membuat anak tenang. Jika anakAnda demam sebaiknya dilakukan usapan-usapan yang lembut sekali.

Tips Jitu Mengatasi Ruam Kulit Kemerahan Karena Popok Bayi


Bagaimana Sebenarnya Cara Mengatasi Ruam Popok yang benar dan apa saja faktor penyebabnya?
Untuk tau cara mengatasi ruam pada bayi karena popok maka anda juga harus tau dulu apa sebenarnya yang menjadi penyebab utamanya. Air kencing bayi tidak mengakibatkan iritasi kulit. Yang mengiritasi kulit adalah asam dari tinja. Maka tips untuk lbu agar bayi tidak mengalami ruam kulit adalah dengan segera mengganti popok bila bayi buang air besar. Bersihkan sebaik-baiknya dengan menggunakan lap basah, bila perlu pergunakan sabun bayi. Bila memakai popok sekali pakai, buang popok tersebut di tempat yang tidak bisa dijangkau anak lain. Jangan lupa, cuci tangan yang bersih sesudah mengganti popok bayi.

Meskipun popok sering diganti dan bayi dibersihkan dengan baik, beberapa bayi cenderung mengalami ruam popok. Banyak faktor yang bisa menyebabkan ruam popok:
  1. Akibat kulit kontak dengan suatu benda atau zat yang menimbulkan reaksi alergi misalnya tisu pembersih, popok sekali pakai, atau sabun deterjen.
  2. Kulit alergi zat kimiawi yang dipergunakan dalam proses pembuatan baju bayi. Cuci baju baru sebelum dipergunakan pada bayi.
  3. Infeksi kuman atau jamur. Sebagian bayi memiliki kulit yang sensitif. Bersihkan area sekitar kemaluan dan siram dengan air setiap kali ganti popok. Biarkan area tersebut terkena udara dulu, jangan langsung kenakan popok. Bila tampak kemerahan, oles tipis-tipis salep kulit untuk ruam popok. Salep ini biasanya mengandung zinc oxide yang bersifat antiair.

Untuk memperkecil kemungkinan ruam popok, jangan memakai popok sekali pakai yang memiliki daya serap tinggi. Popok jenis ini menyebabkan bayi merasa tidak basah sehingga lebih jarang diganti.
Bila mempergunakan popok kain, bersihkan popok sebelum dicuci. Sebaiknya gunakan celana tanpa karet elastik karena bisa saja anak alergi terhadap karetnya. Bila setelah beberapa hari ruam tak kunjung membaik, maka segeralah anda hubungi dokter.

Sunday, 18 November 2012

Belajar Cara Merawat Tali Pusar Bayi Yang Benar


Cara perawatan tali pusar bayi yang benar setelah kelahiran anak, kalau ibu semua belum tau mengenai serba serbi perawatan tali pusar bayi pasca melahirkan maka ibu harus baca artikel yang satu ini. Jangan sampai tali pusar bayi anak ibu semua tekrena infeksi karena tentu akan sangat berbahaya bagi si bayi sendiri. Hal apa saja yang wajib kita perhatikan ketika kita merawat tali pusar bayi agar cepat sembuh :
  1. Keringkan tali pusat sampai sampai benar-benar kering dengan menggunakan kasa steril dengan cara ditekan-tekan.
  2. Tips: hindari membersihkan luka dengan kapas kering karena serat kapas dapat tertinggal pada luka.
  3. Jika dasar tali pusat terlihat kotor, kasa dapat sedikit dibasahi dengan alkohol kemudian dibersihkan dengan cara agak ditekan sambil ditarik keluar, pelan-pelan karena kulit bayi sangat lembut.
  4. Bersihkan dengan kasa beralkohol pada bagian dasar tali pusat.
  5. Tutup kembali dengan kasa steril yang baru. Kasa steril dapat dibeli secara bebas di apotik dan toko obat.
  6. Lipat kasa menjadi segitiga kemudian ikatkan memutar dengan mengatupkan ujungnya terlebih dahulu sehingga tali pusat tertutup.
  7. Tips: jangan mengikat kasa terlalu kencang

Ada juga pendapat yang menerangkan bahwa selama tali pusat belum kering maka bayi belum boleh dimandikan secara langsung. Cara pembersihannya cukup dengan kasa yang dibasahi alkohol, dan bersihkan tepat di bagian dasarnya.' Agar tidak teriritasi dan tetap kering, biarkan tali pusat tidak tertutup popok pada saat memakaikan popok bayi. Kadang memang terlihat adanya bekuan darah atau keluarnya sejenis cairan pada tali pusat, tapi ini belum tentu indikasi adanya infeksi.
Anda baru perlu menghubungi dokter bila:
1. Tali pusat dan area di sekitarnya terlihat merah dan cairannya berbau.
2. Bila tali pusat belum puput setelah 2 minggu.
3. Bila bayi mengalami demam tanpa alasan dan lampak tidak sehat
4. Bila tampak pembenjolan di sekitar tali pusat (hernia umbilikus)
5. Bila ada sesuatu yang ingin ditanyakan perihal tali pusat bayi. 
Berikut adalah beberapa masalah yang biasanya sering terjadi dan berhubungan dengan tali pusar bayi. maka sebaiknya anda lebih banyak belajar untuk mendapatkan banyak ilmu dalam mengasuh anak di rumah

Belajar Memahami Kondisi Bayi Saat Baru Saja Lahir


Cerita dan Gambaran Kondisi Bayi Baru lahir.
Bagi orang tua dan ibu bayi yang baru saja atau akan memiliki momongan sebaiknya tau dulu keadaan bayi yang baru lahir itu seperti apa, mari kita belajar bersama dalam bahasan kita di bawah ini.Tidak diragukan lagi bahwa orang tua melakukan banyak penyesuaian terhadap kelahiran bayi mereka. Akan tetapi, bayi yang baru lahir dipaksa untuk melalui masa peralihan dari lingkungan idealnya di dalam kandungan ke dunia luar yang lebih besar dan bervariasi. Pada saat dilahirkan, sebagai respons terhadap proses kelahiran yang melelahkan, sebagian besar bayi yang baru lahir memasuki masa tidur selama enam jam yang sangat sulit dibangunkan.
Sebelum lahir, bayi tidak pernah bernapas karena menerima oksigen dari ibunya melalui darah. Pada saat kelahiran, meskipun detak jantungnya mencapai 120 permenit, sirkulasi darahnya masih belum lancar, napasnya pun masih dangkal dan tak teratur. la juga masih sering bersin, cegukan, dan batuk. Barangkali para orang tua akan beranggapan bahwa ini adalah gejala flu, namun sebenarnya ini adalah cara bayi untuk membersihkan lendir dari sistem saluran pernapasannya.
Ada beberapa hal yang hares para orang tua ketahui mengenai bayinya. Berikut ini beberapa fakta lain mengenai bayi yang baru lahir:

Umumnya, bayi baru lahir yang normal berbobot sekitar 2,7 sampai 3,6 kg dan memiliki panjang 45- 55 cm, tapi ini sangat variatif. Biasanya, beberapa hari setelah kelahiran, beratnya akan menurun 10% dan kembali bertambah pada akhir minggu pertama.
Bayi menghabiskan waktunya yang Sembilan bulan secara pasif menerima makanan melalui tali pusat Sampai masa kelahirannya, bayi tidak pernah menelan sesuatu untuk memenuhi rasa laparnya. Dan memang ia tidak pernah tahu apa itu lapar. Ketika bayi berada dalam kandungan, semua suara dari luar disaring oleh lapisan cairan, darah, dan selaput sehingga ia tidak terpengaruh oleh suara keras dari luar. Jadwal tidur dan bangun secara keseluruhan adalah milik bayi, karena ia tidak perlu membedakan antara siang dan malam.
Karena tersekat secara sempurna dalam tubuh ibunya, bayi tidak pernah tahu dingin atau panas. Selama sembilan bulan dalam kandungan ia senantiasa terlindungi oleh air ketuban yang nyaman sehingga ia tidak perlu merasakan terpaan udara ataupun rasa sakit karena benda tajam dan bahaya lainnya. Namun, begitu ia lahir, suhu tubuhnya menurun secara cepat sebagai respons terhadap udara luar. Karena itu, kita harus memastikan bahwa bayi harus selalu dalam keadaan hangat. Inilah salah satu alasan kenapa begitu bayi lahir sebaiknya segera didekatkan pada ibunya untuk mendapatkan kontak antara kulit ibu dengan Wit bayi karena kulit ibu memiliki tingkat penyesuaian yang luar biasa dengan kulit bayi.
Maka tidak mengherankan jika bayi yang baru lahir perlu beberapa minggu untuk melakukan penyesuaian.

Thursday, 8 November 2012

Masih Perlu dan Bolehkah Untuk Membedong Bayi Anda

Bagi yang bertanya masih perlukan bedong terhadap bayi kita, karena banyak juga cara pengasuhan anak dengan cara jadul yang sudah mulai ditinggalkan, misalnya tindik bayi, khitan bayi perempuan, memakaikan gurita. dll. Namun apakah bedong masih layak untuk kita gunakan karena hal ini juga merupakan pennggalan sejarah :D. Namun jika dilihat dari beberapa segi keuntungan yang diperoleh, di dunia barat bedong disebut juga dengan swaddling adalah merapatnya tangan bayi dengan badan bayi akan membuat bayi merasakan nyaman seperti saat dia berada di aras rahim. Kadang bayi sering terbangun sendiri karena efek gerakan badannya sendiri dan bedong bisa mencegah masalah ini.
bedong / gedong bayi yang benar dan keuntungannya

 Jika kita urutkan maka keuntungan dari bedong adalah :
  • Mengurangi gerak bayi agar tidak kecapekan
  • Tidur bayi akan lebih lelap.
  • Memudahkan ibu menyusui pada fase awal ibu melahirkan
  • Mengurangi resiko perut kembung
Nah dengan beberapa keuntungan di atas kita tentu masih bisa memanfaatkan ilmu bedong untuk mengurangi resiko di atas. Jadi cara jadul kadang masih dirasa sangat perlu bagi kita. Ingat jika anak anda di bedong gunakan kain / baju bayi yang menyerap keringat karena untuk menghindari panas berlebihan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...