Apa Saja Perawatan Gigi Gratis Yang Bisa Anda Dapatkan Di Puskesmas..

Perawatan dan pengobatan gigi gratis di puskesmas apa saja, pencabutan, penambalan, scalling?
Banyak yang bertanya berobat gigi gratis di puskesmas itu macamnya apa saja, apakah semua pelayanan berobat gigi di puskesmas itu gratis. Kebetulan saya bekerja di salah satu puskesmas di kota salatiga. Dan saya akan berbagi mengenai item apa saj yang digratiskan ketika anda berobat gigi di puskesmas.
Puskesmas sekarang tidak bisa dipandang sebelah mata, bahan dan peralatan yang dipakai juga sudah lumayan maju dan bersaing dengan klinik-klinik swasta, jadi tidak ada salahnya dan sangat dianjurkan untuk anda beribat di puskesmas karena ada beberapa keuntungan yaitu dari segi biaya maupun hal lain :
Item gratis berobat gigi di puskesmas antara lain :
1. Penambalan
Penambalan disini yang digratiskan adalah penambalan Amalgam, glass ionomer, tumpatan sementara. Kalau anda belum tahu amalgam biasanya dipakai untuk gigi belakang karena warnanya yang hitam logam, tapi sangat kuat dan tahan lama. Selanjutnya Glass ionomer adalah tambalan mengandung fluor, warna biasanya akan lebih putih dari giginya. dan tumpatan sementara adalah penambalan sebelum gigi ditambal permanen bisa sebagai awal pengobatan atau sterilisasi gigi berlubang yang akan di tambal.

2. Pencabutan
Baik pencabutan gigi anak maupun dewasa memang digratiskan, kecuali gigi paling belakang / bungsu dan cabut dengan kesulitan tinggi.

3. Cek kesehatan gigi
Cek kesehatan gigi atau sakit bengkak dan lain-lain juga digratiskan.

Item bayar di poliklinik gigi puskesmas :
1. Penambalan sinar laser / komposit
2. Pembersihan karang gigi
3. Pemasangan gigi palsu (tidak semua puskesmas menyediakan)
4. Cabut gigi dewasa bungsu dan cabut dengan kesulitan.
tarif perawatan, penambalan gigi di puskesmas

Nah berikut adalah sedikit ulasan agar anda tahu tindakan gigi yang gratis dan yang tidak gratis di puskesmas, yang saya tulis adalah perda pemkot salatiga jadi di tiap kota biasanya berbeda tapi umumnya sama. Untuk tarif pengobatan di puskesmas baik pengobatan umum, gigi, laborat, apotek dll akan saya share selanjutnya. Semoga bermanfaat penjelasan tentang item tindakan perawatan gigi gratis dan bayar (tidak gratis) yang ada di puskesmas.


Related Posts:

2 Responses to "Apa Saja Perawatan Gigi Gratis Yang Bisa Anda Dapatkan Di Puskesmas.."

  1. permisi,mau numpang nanya...kira2 biaya cabut gigi geraham utk org berumur 17 berapa biayanya

    ReplyDelete
  2. Kalau di setiap daerah itu tarifnya berbeda, tapi kebanyakan sekarang sudah digratiskan untuk pencabutan gigi. Jika bayar mungkin bayar biayanya sekitar 20 s.d 30 ribuan. Asalkan tidak dengan kesulitan dan bukan gigi geraham ketiga paling belakang dengan posisi yang sulit. Biaya pencabutan gigi bungsu biayanya mungkin mahal karena harus dengan operasi kecil namanya. Coba dilihat dahulu mungkin geraham mas itu bukan yang paling belakang.

    ReplyDelete