5 Tips Jitu Membiasakan Pola Makan Sehat Anak

Mengatur pola makan sehat untuk anak memang tidaklah mudah, namun sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengatasi masalah klasik seperti mengatasi susah makan, malas makan, tidak mau makan kecuali makanan kesukaannnya, hanya mau makan mie instant misalnya. Bisa jadi dulunya ini adalah salah bunda juga yang tidak mengatur dengan baik pola makannya. Jika bunda sudah mengenal karakter anak, mungkin sedikit bisa mengakali dengan teknik sendiri-sendiri. Namun jika anda tetap bingung untuk mengatasinya maka ada beberapa cara yang akan coba kami ulas disini dan bunda semua bisa praktekkan di rumah bersama putra dan putri tercintanya.

cara mengatur pola makan sehat anak yang
susah dan malas makan

Apa saja cara membiasakan penerapan pola makan sehat anak tersebut.

  1. Berikan makan dengan porsi kecil tetapi sering, ini adalah salah satu cara pertama membiasakan pola makan sehat, pertimbangannya adalah ukuran lambung yang kecil. Setidaknya berilah makan 3 s.d 4 kali sehari atau 5-6 kali sehari.
  2. Saat makan buatlah suasanya yang menyenangkan, bagaimana caranya anda bisa mengajaknya makan bersama keluarga, jangan memarahi saat makan dan ketika masih kecil ajarkan anak untuk makan sendiri, walaupun belepotan dan tumpah anak akan bisa makan sendiri di bawah pengawasan orang tua.
  3. Jangan penah memberi jajanan dan makanan sebelum dia makan, jika hal ini dilakukan sudah tentu perutnya akan terasa kenyang duluan sebelum dia makan.
  4. Buatlah makanan semenarik mungkin hingga dia sangat menyukainya. 
  5. Ganti dan berikan beberapa variasi makanan setiap harinya, cara ini dilakukan untuk menghindari kebosanan anak untuk makan.

Cara diatas bisa anda coba dan lakukan dirumah, anak merupakan objek yang belum tau apa-apa, jika dia tidak mau makan sebenarnya ada penyebab yang anda tidak ketahui misalnya. Andalah setidaknya yang harus mengalah dengan mencoba menggunakan tehnik sendiri bagaimana cara mengatur pola makan sehat anak. Jika cara di atas anda praktekkan dengan baik tentu anak anda juga akan sehat. Didukung dengan menu sehat cara ini akan menunjang masa depannya. 

Related Posts:

0 Response to "5 Tips Jitu Membiasakan Pola Makan Sehat Anak"

Post a Comment