Mari Belajar Proses Perkembangan Penglihatan (Mata) Pada Bayi

Cara melihat gangguan penglihatan, atau mengetahui gangguan penglihatan mata bayi sejak dini. Ada beberapa cara yang bisa bapak dan ibu lakukan sebagai calon orang tua bayi yang tentu harus memperhatikan perkembangan anak semenjak masih kecil. Jangan khawatir, cara ini bisa anda praktekkan sendiri tanpa bantuan tenaga kesehatan. Ada beberapa deteksi penglihatan yang bisa anda lihat dari bayi, jika anda tidak mendeteksinya mungkin segera saja anda bisa periksakan ke dokter anak atau tenaga kesehatan yang berkompeten.
deteksi gangguan penglihatan mata balita / bayi
Tidak usah lama-lama mari kita kelompokkan berdasarkan umur.

1. Deteksi Gangguan Penglihatan Umur 6 minggu .

Pada saat usia 6 minggu ada beberapa cara yang bisa anda lakukan seperti apa ada ketertarikan ketika wajah anda mendekat ke muka si bayi? apakah ada senyuman dan kontak mata? cara ini bisa jadi deteksi penglihatan untuk bayi usia 6 minggu.

2. Deteksi Gangguan Penglihatan Usia 3 Bulan
Pada usia ini perhatikan bayi anda apakah dia merespon mata untuk menengok ke arah rangsangan seperti suara dan sinar yang berada di luar jangkauannya atau juga suara yang terdengar di sebelahnya misalnya. Umur 3 bulan ini adalah awal dimana anda bisa melihat kejelasan pada gangguan mata bayi.

3. Deteksi Gangguan Penglihatan Usia 6 bulan
Pada usia 6 bulan anda bisa melihat beberapa deteksi misalnya apa kedua bola mata bergerak secara bersamaan, apa bayi bisa melihat benda di luar batas pandangannya, dan apa bayi melihat sekeliling ruangan?

4. Deteksi Gangguan Penglihatan Usia 9 Bulan
Anda bisa melihat beberapa tanda seperti apa dia melihat benda yang bergerak di sekitarnya, dan apakah bayi melihat tempat jatuhnya benda yang di jatuhkan.

5. Deteksi Gangguan Penglihatan Usia 12 Bulan
Nah pada usia ini mungkin bayi sudah sangat mengerti seperti apa dia dapat mengenali orang yang lewat / melintas, dan apa bayi bisa diajak main ci luk ba.


Nah penjelasan di atas adalah sebagian contoh untuk cara mengetahui apakah anak balita / bayi anda mengalami gangguan kesehatan penglihatan atau tidak. Tidak sulit bukan jadi silahkan anda lakukan sendiri di rumah. Ibu yang bijak adalah ibu yang selalu mengikuti dan mengawasi perkembangan kesehatan anaknya. So salam anak sehatku untuk bunda semua.

Related Posts:

0 Response to "Mari Belajar Proses Perkembangan Penglihatan (Mata) Pada Bayi"

Post a Comment