Pertolongan Pertama Pada Mata anak (Kelilipan, Tertusuk, Memar dll)

Pertolongan pada mata anak yang tertusuk benda, kemasukan hewan atau benda dan memar merupakan masalah yang seringali terjadi pada anak, tiba-tiba anak datang dan minta tolong mengatakan matanya terasa sakit dan pedes karena kemasukan sesuatu. Ibu yang pintar harus belajar, apa yang harus dia lakukan untuk mengatasi masalah ini, Santai bunda. kami akan memberikan sedikit tips untuk mengatasinya secara satu persatu.

pertolongan cedera mata anak
a. Pertolongan pada mata anak yang tertusuk.
Kasus ini seringkali terjadi saat anak main di luar, Jika yang mengalami luka adalah kelopak mata mungkin itu tidak masalah besar dan ibu tinggal menghentikan perdarahan saja, namun jika ini mengenai bola mata maka yang harus bunda lakukan sebelum pergi ke dokter adalah :
Tenangkan anak agar tidak panik, bersihkan bagian luar mata dulu dengan kasa yang dibasahi air bersih kemdian bersihkan mata tadi di air mengalir, anda bisa gunakan air mineral untuk mengalirinya, selanjutnya segera tutup dengan perban steril dan bawa segera ke dokter mata.

b. Pertolongan Memar pada mata anak.
Memar pada mata anak sering terjadi ketika dia terkena benda tumpul, tanda dari memar biasanya mata berwarna biru yang merupakan tanda bahwa terjadi perdarahan. Untuk pertolongan yang harus ibu lakukan adalah dengan membersihkan bagian luarmata dengan kasa basah, kompres dengan air es selama 15 menit setiap jamnya. dan setelah 24 jam kompres dengan air hangat untuk melancarkan peredaran darahnya. Baringkan anak di tempat tidur dan jika perdarahan tidak berhenti segera bawa ke rumah sakit terdekat.

c. Pertolongan pada Mata Kelilipan (kemasukan benda) anak.
Kasus yang sering kali terjadi pada anak, jika terjadi kelilipan maka segera tenangkan anak dan ajak ke tempat dengan penerangan lampu, lihat matanya mintalah dia untuk melihat ke kanan, kiri atas dan bawah. Jika sudah terlihat kororannya maka ibu segera anjurkan anak untuk mendongak dan alirkan dengan air bersih. Namun jika anak tidak mau bunda bisa menggunakan kapas bertangkai untuk mengambil kotoran tersebut dari matanya. memang terlihat sulit intinya bunda harus menjelaskan pada anak tersebut bahwa bunda ingin menolongnya agar tidak sakit lagi.

Nah sedikit penjelasan untuk bunda mengenai pertolongan pertama anak yang terkena cedera mata, semoga bermanfaat untuk keluarga bunda semua di rumah.

Related Posts:

0 Response to "Pertolongan Pertama Pada Mata anak (Kelilipan, Tertusuk, Memar dll)"

Post a Comment