Apa Yang Harus Bunda Lakukan Jika Si Kecil Keseleo / Terkilir?

Pertolongan pertama pada anak yang keseleo / terkilir saat bermain. Memang anak susah untuk dikasih tau untuk  berhati-hati, saat dia jatuh dan keseleo tentu bukan salah anak 100% karena toh juga namanya anak-anak. Dia hanya ingin bermain dan dia juga belum tahu akan resiko yang mungkin terjadi. Bagi ibu dirumah sebagai langkah jaga-jaga agar kita bisa siap jika mungkin terjadi maka harus tau, apa yang harus bunda lakukan jika si kecil menangis karena keseleo /  terkilir, dengan gejala kaki yang kram, kaku, bengkak, serta gerakan pada daerah tersebut terbatas. Bisa jadi itu merupakan tanda si kecil mengalami keseleo.
awasi anak bermain agar tidak keseleo / cedera
Pertolongan apa yang harus bunda lakukan :
  • Pertama adalah tenangkan si anak dan rebahkan dia pada posisi tidur
  • Jika terjadi perdarahan angkat kaki yang cedera berada di atas jantung untuk menghambat peredaran darahnya. Selanjutnya bebat pada posisi daerah yang lebih atas mengalami perdarahan.
  • Jika yang terjadi adalah pembengkakan maka siapkan kompres dingin selama 15 s.d 20 menit. Jika tidak mengempis ulangi kompres.
  • Bujuk anak untuk segera minum obat pereda nyeri
  • Segera bawa ke rumah sakit jika terdapat tanda bengkak yang tidak mengempis untuk mengetahui apakan ada cedera tulang / fraktur .

Nah sekarang bunda sudah tau bukan bagaimana cara memberikan pertolongan pada si kecil yang mengalamai cedera kaki keseleo. Berlatih untuk pertolongan pertama sebaiknya bukan hanya untuk petugas kesehatan, ibunda pun bisa melakukannya sendiri untuk mencegah lebih awal dan penanganan lebih dini.  

Related Posts:

0 Response to "Apa Yang Harus Bunda Lakukan Jika Si Kecil Keseleo / Terkilir?"

Post a Comment