Cara Perlakuan dan Perawatan Anak Autis Saat Beranjak Remaja.

Pengertian autis Cara Perlakuan dan Perawatan oleh orang tua terhadap Anak Autis Saat Beranjak Remaja / dewasa.
Autis memang bukan pilihan semua orang tua, tetapi jika itu seudah terjadi bagaimanapun kita harus wajib menghadapinya. Kondisi gangguan mereka sangatlah kompleks, sarat dengan ciri yang unik akibat pola pikir mereka yang tidak sama dengan anak-anak normal yang lain. Meski secara perkembangan anak autis lebih khas, mereka mengalami tahap perkembangan yang sama ketika menyongsong remaja dan dewasa. Perubahan fisik, emosi, kecanggungan saat bersosialisasi dan kebingungan menghadapi masa pubertas. Itu adalah masalah-masalah yang harus dihadapi ketika kita memiliki anak dengan gangguan autistik.

Disini kami akan membantu sedikit tentang bagaimana cara menyiasati atau menghadapi masalah anak dengan gangguan autis ini ketika beranjak dewasa :
1. Perlakukan anak autistik sesuai usia sesungguhnya.
Maksutnya disini adalah jangan gunakanlagi cara dan perlakuan ketika dia masih kecil, sperti mengumbar kata sayang, baby, dan perlakuan lain seperti memanjakan seperti anak kecil dengan memberikan baju doraemon, piring melamin agar tidak pecah. Anda harus mulai mengajarkan dan memperlakukan mereka layaknya anak remaja lain yang normal.
2. Amati dengan seksama dalam hal apa mereka belum mampu mandiri.
Ajarkan mereka kebutuhan dasar seperti cara mandi, gosok gigi, merawat diri, berpakaian, belanja dll.
3. Siapkan materi pendidikan seksualitas.
Maksutnya disini misal seorrang perempuan maka ajarkan bagian mana yang tidak boleh dipegang orang lain, perkembangan organ peyudara, tumbuhnya bulu dll. anda bisa jelaskan dengan gambar dan tetap jangan vulgar. Untuk anak laki-laki anda bisa memberikan penjelasan mengenai ereksi, masturbasi dan ketertarikan terhadap perempuan cantik misalnya.
4. Tanamkan konsep tanggung jawab dan mampu membedakan baik dan buruk.
5. Luangkan waktu untuk menggali minat dan bakat mereka.
6. Perisapkan masa depan merek apapun bentuknya.
Ajarkan dia mana yang paling disukai, misalnya dia suka memasak maka ajarkan memasak agar masa depannya mungkin dia mampu membuat catering, atau bidang lain yang mungkin dia sukai.
cara mengadapi anak autis saat dewasa dan remaja
Nah, intinya jangan takut menyongsong remaja bagi anak autis. Berikut adalah sedikit ulasan mengenai cara merawat dan memperlakukan anak autis dalam menghadapi masalah saat mulai beranjak dewasa. Semoga bermanfaat. cara menghadapi anak autis memang tidaklah mudah, tapi kesabaran merupakan hal utama, anak autis juga bisa sukses dan menyaingi anak normal semisalnya anda bisa mendidik dengan baik.

Related Posts:

0 Response to "Cara Perlakuan dan Perawatan Anak Autis Saat Beranjak Remaja."

Post a Comment