Kelebihan dan kekurangan tambalan sinar / komposit / laser

Kelebihan dan kekurangan tambalan sinar / komposit / laser dan berapa biaya tambalnya?
Jika kita pergi ke dokter gigi kita akan ditawari beberapa alternatif penambalan, misalnya kita akan ditawari tambal amalgam yang sudah sejak jaman dahulu, memang kuat sih tapi warnanya memang kurang bagus karena agak hitam . Pilihan lainnya ada tambalan fuji atau dibilangnya glass ionomer. Tambalan ini memang lebih putih tapi dari segi kekuatan memang lebih kurang dibanding amalgam tadi. Kelebihan tambalan jenis ini adalah dia mampu merangsang pertumbuhan jaringan dentin karena mengandung fluor.
Nah disini kita akan memberikan ulasan tentang kelebihan dan kekurangan tambalan jenis sinar / laser / composit. Orang bilang apasaja mungkin bahannya sama, hanya merk yang berbeda. Intinya tambalan ini di akui kuat dan dari warnanya sangat sempurna menyerupai gigi. Berikut kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangan tambalan composite ini :

Kelebihan tambalan laser / composit / sinar :
1. Warnanya sangat mirip dan menyerupai gigi
2. Lebih kuat untuk lubang gigi tanpa cangkolan, retensi langsung menempel tanpa pegangan)
3. Banyak pilihan warna sampai yang kuning sekalipun.
4. Sangat efektif untuk gigi depan

Kekurangan tambalan laser / composit / sinar :
1. Mudah kuning atau berubah warna jika anda tidak pandai merawat,
2. Tidak terlalu kuat untuk menggigit benda yang keras jika ada di tambalan depan
3. Harga cukup mahal untuk perawatan penambalan laser
kelebihan dan kekurangan penambalan sinar 

Nah dari kelebihan dan kekurangan di atas anda akan tahu bagaimana tentang memilih bahan tambalan sesuai keinginan anda. Sebagai saran jika anda ingin tambalan gigi bagian belakang anda bisa pilih tambalan yang kuat walaupun secara estetika tidak bagus karena toh gigi belakang tidak terlihat. Biaya penambalan sinar laser / komposite berada di kisaran 300 ribu s.d 500 ribu tapi juga bisa lebih. Tergantung kelas klinik gigi nya sendiri.

Related Posts:

0 Response to "Kelebihan dan kekurangan tambalan sinar / komposit / laser"

Post a Comment