Mempelajari Masa Kunci Bagus Dan Tidaknya Gigi Anak, Pada Usia Berapa?

Ada beberapa ibu yang bertanya kapankah masa  kunci dimana anak harus dirawat giginya, jawabnya tentu sejak mulai tumbuh giginya. Mengajarkan kebiasaan untuk merawat gigi merupakan langkah tepat untuk membuat gigi anak menjadi bagus. Namun jika langkah anda sudah terlambat dan gigi susu sudah banyak yang rusak, karena anak ngedot sebelum tidur. Sehingga gigi susu anak menjadi rampan, gigis. Maka sebenarnya anda masiih memiliki kesempatan ke dua. Yaitu masa pergantian gigi dari susu menjadi permanen. Karena pergantian ini tidak bareng atau semua berganti bersamaan maka andapun juga harus ekstra hati-hati. Dan mulai umur ini anda harus mulai mengajak si Dia untuk mau ke dokter gigi, jadi apa yang terjadi pada gigi nya bisa diketahui sejak dini.
Usia emas tersebut adalah usia mulai dari 5 dan 6 Tahun, untuk langkah awal sebaiknya anda ajak si kecil ke dokter gigi, dan dokter akan memperlihtkan gigi mana saja yang sudah berganti. Gigi susu semua yang rusak akan berganti dengan gigi baru yang bagus. Dan mulai dari sinilah ibu harus konsisten dalam memperhatikan dan menjaga gigi baru tersebut tetap awet. Gigi tersebut disebut dengan nama gigi permanen, struktur lebih kuat dari gigi susu, bagian email yang warnanya lebih gelap dibanding gigi susu. Namun jika tidak dirawat dalam beberapa bulan setelah tumbuh pun bisa saja gigi baru tersebut langsung rusak, dan sangat disayangkan bukan karena gigi tersebut akan dipakai sampai anak anda tua dan jadi kakek nenek. 
Nah ketika menginjal awal masa pergantian gigi ibu harus melakukan hal-hal berikut ini :

  • Selalu biasakan dia sikat gigi pagi dan malam sebelum tidur.
  • Hindari kebiasaan ngedot sebelum tidur, jika terpaksa tidak bisa dilarang, ibu harus membersihkan giginya dengam kasa basah air hangat saat dia sudah tidur.
  • Ibu harus mengajaknya ke dokter gigi untuk segera dilihat ada atau tidaknya gigi permanen.
  • Jika ada gigi permanen lubang maka segera mungkin harus ditambal.
  • Kurangi makan coklat dan permen dengan menceritakan akibat yang bisa terjadi karena makanan tersebut.

Nah sedikit tips dimana anda bisa merawat gigi anak mulai dari pergantian gigi, sangat wajib karena gigi permanen bukan tidak mungkin akan rusak hanya dalam waktu sekejap. Semoga bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "Mempelajari Masa Kunci Bagus Dan Tidaknya Gigi Anak, Pada Usia Berapa?"

Post a Comment