Mari Mengenal Penyebab, Gejala dan Pengobatan Tonsilitis

Apa Pengertian tonsilitis dan apa saja penyebab, macam gejala dan pengobatan, dan bagaimana cara mengobati tonsilitis?
Pengertian tonsilitis adalah : infeksi tonsil yang bisa disebabkan oleh karena virus dan bakteri. Umumnya penyebabnya adalah bakteri strptokokus yang menjadi biang keladi penyababnya. Oleh karena nya tonsilitas harus diberikan antibiotik selama 5 hari untuk membunuh bakteri yang ada.

Lantas apa saja sebebnarnya gejala tonsilitis pada anak ?
  1. Gejala awal adalah anak panas dan merasakan tidak enak badan, 
  2. anak mengalami sakit pada bagian tenggorokan. tp kadangkala juga tidak
  3. Anak susah makan dan muntah pada penderita tertentu.
  4. Kadang mengeluh sakit perut.
  5. Tanda khas adalah jika anda melihat bagian tenggorokan akan terlihat tonsil yang merah dan bengkak. pada kasus yang parah ada bercak nanah yang berasal dari kelenjar getah bening.


Bagaimana pengobatan tonsilitis pada anak?
Pengobatan dilakukan dengan memberikan antibiotik selama 5  hari, jika parah anak bisa diberikan antibiotik dalam bentuk injeksi. Namun kebanyakan pada pengobatan awal tetap diberikan antibiotik minum. Jika penyakit ini disebabkan oleh virus maka dokter akan menyarankan untuk banyak istirahat dan juga memberikan pengertian untuk mau makan banyak vitamin dan makanan yang bergizi, jadi bagi anda Ibu dari anak-anak anda, setiap bulan jangan lupa cek sendiri tingkat membersarnya tonsil. Jika besar maka anda harus segera bawa ke petugas kesehatan untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.

Related Posts:

0 Response to "Mari Mengenal Penyebab, Gejala dan Pengobatan Tonsilitis"

Post a Comment